Olahraga

Aceh Punya Daya di Sektor Tamasya Masakan, Kemenparekraf: Jadi Daya Tarik Wisatawan

Ia membeberkan, pelancong premium bisa datang dari mana saja, apalagi posisi Aceh secara geografis betul-betul strategis dan dekat dengan pasar. Tinggal bagaimana pemerintah tempat mengelola potensi yang sudah ada, sehingga bisa menjadi sumber peningkatan ekonomi masyarakat.

“Aceh itu betul-betul dekat dengan pasar, artinya Aceh berada di antara Selat Malaka, seberangnya ada Malaysia, Thailand dan Singapura yang sesungguhnya itu pasar utama pariwisata Aceh,” kata Reza Fahlevi.

Sementara itu, Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal membeberkan, aktivitas ACF 2022 tak hanya heboh di kalangan masyarakat Aceh saja, tapi dikenal hingga ke Ibu Kota negara Jakarta.

Pun, kuliner Aceh juga akan ditampilkan demo spaceman di salah satu hotel mewah di Jakarta adalah Shangri-La. Manajemen hotel akan memamerkan berjenis-jenis kuliner Aceh hingga tiga hari ke depan.

“Masakan Aceh akan ditampilkan di Shangri-La selama tiga hari, mereka menghargai kuliner Aceh,” katanya.

Berdasarkan Almuniza Kamal, peluang hal yang demikian menjadi profit bagi Aceh sebab hotel itu mempunyai jaringan di berjenis-jenis belahan dunia. Ini jadi momentum untuk mempromosikan kuliner khas tanah rencong. ACF atau festival kuliner Aceh tahun ini akan diselenggarakan pada 5-7 Agustus 2022 di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh, dengan menghadirkan pelaku UMKM se-Sumatera.