Olahraga

Ada Rasa Korea dalam Set Bento Yakiniku Jepang ala Karubi Maru

Karubi Maru membuka gerai keduanya di Botani Square, Bogor. Mentahbiskan diri sebagai resto Jepang, kongkretnya aku menemukan rasa Korea di hidangan utama mereka, yakiniku jyu.

Yakiniku, daging tipis bercita rasa manis itu yaitu resep racikan Chef Enomoto Okuto, seorang koki asal Jepang yang berpengalaman lebih dari 30 tahun di negara asalnya. Kata jyu merujuk pada jyubako atau boks bento khas Jepang yang berwarna hitam.

Boks itu umum slot spaceman dibawa warga Jepang saat menikmati bunga sakura bersama teman dan keluarga maupun tempat bekal saat bepergian. Pihak resto sengaja memilihnya untuk memberi ciri khas sekalian pengalaman menikmati makanan Jepang dengan adat istiadat yang kental bagi konsumennya.

“Secara konsep, jyubako itu untuk rame-rame sama keluarga menikmati menu di Karubi Maru,” ucap Alfarisi Arifin, Direktur Karubi Maru, dalam peresmian pembukaan gerai kedua di Bogor, Selasa, 30 April 2024.

Pria yang akrab disapa Rezi itu mengakui bahwa yakiniku yaitu masakan Jepang yang tenar bagi kebanyakan orang Indonesia. Banyak resto atau tempat makan yang menyajikannya. Sebab itu, bersama Chef Enomoto, ia ingin yakiniku di tempatnya memiliki cita rasa khas yang autentik Jepang melainkan tanpa bahan yang mengandung alkohol.

“Challenge terbesar yaitu kita enggak bisa bawakan rasa autentik Jepang dengan bumbu-bumbu di Indonesia… Cukup sulit (mewujudkannya) tanpa adanya mirin,” kata ia. Sesudah uji coba berulang kali, pihaknya sukses mendapatkan mitra vendor yang sukses menghasilkan keinginannya tentang bumbu.

Ada Kimchi di Paket Yakiniku Jyu
Langkah selanjutnya yaitu memilih daging sapi yang ideal. Enomoto memilih iga belakang sebab dianggap kombinasi yang ideal, yaitu daging dan lemak. Secara hitungan ekonomi, potongan daging itu masih terjangkau kantong target konsumen mereka.

Daging tersebut kemudian dipotong dan dimarinasi dengan banyak bumbu supaya cita rasanya lebih kaya. Daging kemudian dipanggang dengan mengaplikasikan jet oven yang diandalkan bisa memberikan tingkat hasil kematangan yang merata dan mempertimbangkan cita rasa yang konsisten pada tiap-tiap potongan daging yang dibakar.

“Dalam memanggang yakiniku, sebaiknya daging tak dipanggang terlalu lama. Yakiniku yang dimasak secara total akan menghasilkan daging yang lembut, bertekstur, juicy, dan menghasilkan rasa yang umami,” ujar Enomoto yang menjabat sebagai Kepala Koki Karubi Maru.