Olahraga

Butuh Waktu Berapa Lama untuk Menyantap Semua Masakan Nusantara?

Indonesia punya banyak hal yang dapat dibuat identitas bangsanya, salah satunya ialah makanan. Tak dapat disangkal lagi, kuliner Indonesia memang benar-benar jawara keunikan rasanya. Ucap saja rendang, sate, dan nasi goreng yang pernah menjadi makanan terlezat di dunia versi CNN pada 2011 lalu. Belum lagi makanan kecil, lapis legit Indonesia juga masuk dalam daftar kudapan nasional terbaik dunia.

Hamparan kepulauan yang membentang sepanjang lebih dari 5000 kilometer ini menaruh ribuan ragam kuliner khas yang susah dilupakan. Sosial Sobat Tradisi sebagian waktu lalu merilis sebuah Peta Masakan Nusantara yang di dalamnya tercantum beraneka-ragam data perihal kuliner Indonesia mulai dari resep sampai budaya dan filosofinya. Peta kuliner ini dirilis menurut hasil penelitian dari Bandung Fe Institute, Research Center for Complexity di Surya University.

Dari progres pengumpulan slot777 gacor data yang dikerjakan Bandung Fe Institute, didapatkan 1458 resep makanan dan minuman dari semua Indonesia. Berdasarkan Founder Sobat Tradisi Hokky Situngkir, ke-khas-an menu-menu kuliner Indonesia itu berlokasi pada bumbu dan rempah-rempah yang ada di dalamnya. Setidaknya setiap kuliner Indonesia menggunakan 10 bumbu dan sebagian bumbu umum yang hampir selalu ada di setiap resep kuliner.

\\\\”Dicek dengan disiplin ilmu antropologi, kebanyakan makanan di Indonesia membutuhkan 10 bumbu, terdapat 10 persen bumbu umum yang hampir selalu ada di resep kuliner, dan lima persen bumbu yang unik,\\\\” kata Hokky.

Bumbu umum yang hampir tidak pernah tidak datang di setiap kuliner yang dimaksud itu di antaranya ialah bawang merah, bawang putih, cabe, jeruk nipis, jahe, merica, kunyit, dan santan. Dari bahan-bahan kuliner yang umum ini dapat menjadi tanda bagaimana suatu kuliner dapat bersaudara dengan kuliner lain.

Ribuan resep kuliner hal yang demikian, setidaknya tercatat ada 50 ragam soto dari beraneka daerah di Indonesia, 60 ragam sate, dan hampir 100 ragam saos pedas nusantara. Bila dihitung menggunakan waktu, untuk mencicipi semua ragam hidangan sate seumpama, kata Hokky setidaknya butuh waktu dua bulan makan malam untuk dapat menuntaskannya dan butuh waktu setidak-tidaknya tujuh bulan untuk mencicipi minuman Indonesia jika meminumnya satu ragam per hari.

Hokky malahan menuturkan dalam tulisannya bahwa seumpama menyantap satu kuliner untuk makan malam kita setiap hari, maka untuk mencoba semua Peta Nusa Masakan ini, dibutuhkan waktu lebih dari 3 tahun!

Data itu menjadi saksi bahwa Indonesia memang sungguh kaya akan kreasi kulinernya. Keragaman kuliner di Indonesia ini menurut Hokky ialah konsekuensi wajah geografi Indonesia yang berupa kepulauan. Sedikitnya 30% makanan khas Indonesia punya lebih dari 10 bahan kuliner untuk membuatnya.

\\\\”Hebatnya makanan Indonesia selain ada bahannya yang beraneka-ragam, yang menarik juga ada filosofi atau cerita di baliknya. Bila dipisah, hilang keseruan budaya Indonesia,\\\\” imbuh Presiden Bandung Fe Institute ini.

Peta Masakan Nusantara yang diluncurkan dalam wujud aplikasi bernama NusaKuliner ini akan menjadi peta kuliner yang padat karya dan tentu membuka wawasan semua masyarakat Indonesia perihal persaudaraan penduduk semua negeri dari sisi makanan dan minuman.