Olahraga

Ide Menu Makanan Lebaran yang Wajib Hadir pas Hari Raya!

Namun perlu diperhatikan, lebih dari satu makanan untuk lebaran yang pedas dan mempunyai banyak lemak sanggup jadi penyebab munculnya tanda-tanda panas dalam.

Oleh gara-gara itu, penting untuk perhatikan porsi makanan lebaran yang dikonsumsi agar tidak berlebihan.

Meski demikian, selamanya saja hari raya tak lengkap jika momen berkumpul bersama dengan keluarga tanpa ada aneka makanan lebaran yang dihidangkan.

Nah, artikel ini mempunyai sejumlah inspirasi hidangan lebaran Idulfitri yang sanggup Anda coba di rumah. Yuk, segera saja, check it out!

Ide Menu Makanan Lebaran
Salah satu alasan hari raya amat slot spaceman gacor ditunggu-tunggu bagi tiap-tiap umat muslim yaitu gara-gara ada beragam hidangan lebaran yang di sajikan pas kumpul keluarga.

Biasanya, menu makanan lebaran sama juga memanfaatkan santan sebagai bahan dasarnya. Tak cuma itu, rasa pedas dan lemak berasal dari daging terhitung jadi pendampingnya.

Namun, kamu sanggup lho, mengganti santan bersama dengan memanfaatkan fiber creme agar jadi menu lebaran sehat.

Well, ini dia macam-macam makanan lebaran yang tak boleh kamu lewatkan pas hari raya, antara lain yaitu:

  1. Opor Ayam
    Salah satu menu makanan lebaran yang perlu ada dan paling favorit adalah opor ayam.

Opor ayam merupakan menu masakan yang memang nyaris serupa bersama dengan kari ayam. Namun bedanya, hidangan lebaran satu ini dimasak bersama dengan beragam rempah-rempah khas Indonesia.

Salah satunya, opor memanfaatkan kunyit, ketumbar, kemiri, kencur, daun jeruk, sereh, dan juga tak lupa santan yang membuatnya jadi gurih.

Namun, jika kamu ingin mengurangi santan, sanggup diganti bersama dengan fiber creme, gara-gara mengandung serat pangan dan lemak nabati yang membuatnya lebih sehat.

Selain itu, mengonsumsi fiber creme terhitung sanggup mengontrol permohonan makan berlebih, agar sesuai bagi kamu yang sedang diet.

  1. Ketupat
    Siapa yang tak kenal ketupat? Salah satu makanan untuk lebaran yang terbuat berasal dari beras, dan juga dibungkus bersama dengan daun kelapa ini terhitung perlu ada pas hari raya.

Umumnya, ketupat adalah makanan lebaran pengganti nasi. Cara membuatnya pun mudah, kamu cuma perlu anyaman daun kelapa untuk membungkus berasnya.

Tenang saja, kamu tak perlu menganyam daun ketupat sendiri. Biasanya, daun kelapa yang sudah dibentuk banyak dijual di pasaran.

  1. Lontong Sayur
    Lontong sayur umumnya jadi menu masakan untuk sarapan di pagi hari. Tetapi, lebih dari satu keluarga terhitung ada yang menyajikannya sebagai makanan lebaran.

Biasanya, kudapan yang satu ini dijadikan sebagai makanan pendamping lontong atau ketupat. Untuk pelengkapnya, tambahkan potongan telur rebus dan bawang goreng.

Memiliki rasa yang pedas dan gurih, lontong sayur lebih nikmat di sajikan sebagai hidangan lebaran di pagi hari sebelum akan lakukan salat id.

  1. Sambal Goreng Ati
    Selanjutnya, masakan yang satu ini terbuat berasal dari hati ayam atau sapi bersama dengan memanfaatkan sambal balado, sanggup terhitung ditambahkan kentang atau udang sebagai pelengkapnya.

Masyarakat Indonesia lebih kerap menyebut masakan ini bersama dengan sambal goreng ati. Hidangan ini sesuai dijadikan makanan untuk lebaran sebagai lauk pendamping ketupat.

  1. Kentang Mustofa
    Tahukah kamu, asal mula kentang mustofa adalah terinspirasi berasal dari nama keliru satu chef yang dulu menyajikan makanan untuk presiden, yaitu Opo Mustopa.

Hingga pas ini, kentang mustofa jadi olahan favorit seluruh kalangan, gara-gara bahan dan yang simpel, sanggup terhitung dijadikan sebagai pendamping makanan lebaran.

Cara membuatnya pun mudah, kamu cuma perlu menyiapkan kentang yang dipotong kecil-kecil jadi bentuk korek api, lalu digoreng hingga krispi bersama dengan sambal balado.

Biasanya, masakan ini dibikin bersama dengan kacang tanah atau ikan teri kecil-kecil. Perlu diperhatikan, agar tekstur kentang mustofa selamanya renyah, simpan ke didalam wadah yang kedap udara.