Olahraga

Indonesia Mempunyai Fakta Yang Untik Juga, Kalian Udah Tau Blom ?

Indonesia atau bisa disebut dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tak hanya itu Indonesia punyai nama alternatif yaitu Nusantara. Negara ini terdapat di Asia Tenggara. Secara lebih spesifiknya, Indonesia terdapat di antara garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Oseania, bahkan Indonesia terhitung terdapat di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Dari Sabang di tanah Aceh sampai Merauke di tanah Papua, Indonesia terdiri berasal dari beragam suku, bhs dan agama. Berdasarkan rumpun bangsa (ras), Indonesia terdiri berasal dari penduduk adat, yaitu Mongoloid Selatan/Austronesia dan Melanesia, dengan kuantitas penduduk Austronesia terbesar, lebih-lebih di  Indonesia anggota barat. Lebih tertentu lagi, suku  Jawa merupakan suku terbesar, dengan kuantitas penduduk capai 42% berasal dari total penduduk Indonesia.

Indonesia punyai semboyan nasional, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang punyai makna “berbeda-beda, namun selamanya satu”. Semboyan ini melukiskan keragaman sosial budaya yang membentuk negara kesatuan. Selain padat penduduk  dan luas wilayah, Indonesia merupakan kawasan alam pendukung keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

Buku ini ada sebagai wawasan perihal tempat-tempat di Indonesia yang sangat cocok dijadikan daerah traveling. Dari Sabang sampai Merauke, dibahas secara tuntas perihal wisata alam, sejarah, budaya, serta kuliner.

Dengan banyaknya keragaman dan kekayaan alam di Indonesia ini, pasti punyai fakta-fakta unik yang kemungkinan belum pernah anda tahu. Pada peluang kali ini, kita bakal memberi tambahan sebagian fakta unik perihal Indonesia. Untuk paham lebih lengkap perihal fakta-faktanya, mari simak ulasan berikut.

1. Memiliki rimba Bakau Terbesar di Dunia

Hutan bakau dikenal terhitung dengan nama hutan mangrove merupakan hutan yang tumbuh di perairan payau dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Ekosistem ini bisa mengurangi abrasi tanah yang disebabkan oleh air laut.

Di Indonesia, luas hutan mangrove capai 2,5 sampai 4,5 juta hektar. Hal ini memicu Indonesia berada di posisi sebagai negara dengan luas hutan mangrove terluas di dunia, yang lantas disusul oleh Brazil, Nigeria dan Australia. Luas hutan mangrove Indonesia diperkirakan capai 25% berasal dari total hutan mangrove yang ada di dunia.

2. Negara dengan Suku Bangsa Terbanyak di Dunia

Sebagai negara kepulauan yang punyai penduduk berasal dari Sabang sampai Merauke dan punyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia punyai suku bangsa terbanyak di dunia. Terhitung Indonesia punyai lebih berasal dari 740 suku bangsa di Indonesia,  270 di antaranya diketahui cuma ada di Pulau Papua. Selain itu, Indonesia terhitung merupakan negara dengan bhs daerah terbanyak, dengan 583 berasal dari 67 bhs utama yang digunakan oleh beragam suku bangsa di Indonesia.

3. Sebagai Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Kalian kemungkinan telah sering mendengar fakta bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Namun apakah kalian paham bahwa Indonesia bukan cuma negara kepulauan terbesar di dunia, namun sebagian pulau di Indonesia terhitung merupakan keliru satu berasal dari enam pulau terbesar di dunia.

Tiga pulau di Indonesia, Kalimantan, Sumatera dan Papua adalah keliru satu berasal dari enam pulau terbesar di dunia. Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia dengan luas wilayah 786 kilometer persegi, disusul  Kalimantan dengan luas wilayah 743 kilometer persegi pada rangkaian ke-4,  dan  Sumatera punyai luas wilayah 443 kilometer persegi yang berada di posisi ke-6.

4. Memiliki Seorang Perancang Menara Tertinggi Pada Urutan Ke-6

Setiap negara selamanya menginginkan melaksanakan suatu hal yang luar biasa untuk memperlihatkan eksistensinya sehingga bisa menarik perhatian dunia. Inilah yang sedang dilaksanakan Malaysia. Pada th. 1991, mereka berupaya membangun menara yang bisa menjadi penanda berasal dari negara tersebut.

Pada th. 1995, menara ini saat ini dikenal sebagai Menara Kuala Lumpur. Menara ini merupakan menara tertinggi ke-6 di dunia dengan tinggi capai 421 meter.

Menara yang megah ini punyai histori tersendiri, lebih-lebih bagi penduduk Indonesia. Hal yang kudu kalian paham adalah perancang menara ini adalah seseorang berasal dari negara Indonesia, yaitu Ir. Achmad Moerdijat, lulusan ITB yang telah 14 th. bekerja di Malaysia. Meski telah bekerja sepanjang itu di Malaysia, dia selamanya tidak senang membiarkan kewarganegaraan Indonesia dan tidak bakal pernah mengubahnya.

Baca juga:

Tottenham Kalahkan Bayern, Selangkah Lagi Gaet Dragusin

Kuliner di Jalan Kaliurang, Cocok buat Kongko Keluarga

5. Peraih Thomas Cup Terbanyak

Piala Thomas atau Thomas Cup adalah sebuah penghargaan berasal dari kejuaraan bulu tangkis internasional terbesar yang diselenggarakan setiap dua th. sekali. Dalam pertandingan ini, setiap negara mewakili satu tim putra yang terdiri berasal dari tiga tunggal putra dan dua ganda putra.

Indonesia menjadi negara dengan piala Thomas terbanyak sejak diselenggarakan pada th. 1949, kemudan disusul oleh China dan Malaysia. Tim Piala Thomas Indonesia  membawa ulang total 13 piala untuk pertama kalinya pada th. 1958 dan paling akhir pada th. 2002.

6. Negara Yang Keluar dan Masuk di PBB

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah organisasi world yang punya tujuan untuk mencegah konflik antara negara-negara di dunia dan untuk secara tegas hadapi negara besar sehingga tidak melaksanakan aksi militernya pada negara kecil.

Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang mengambil alih peran Liga Bangsa-Bangsa, punyai tugas yang susah untuk menyatukan negara-negara yang bertikai saat pertama kali didirikan. Indonesia sebagai keliru satu anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa menuntut sehingga Perserikatan Bangsa-Bangsa bersikap adil dan netral didalam merampungkan sengketa antarnegara.

Presiden Sukarno, yang  mewakili Indonesia pas itu terasa tidak diterima. Hal ini memperlihatkan bahwa usulan Sukarno untuk memindahkan markas besar PBB ke daerah nonblok untuk mencegah campur tangan negara adidaya ditolak. Faktanya, markas PBB berada di Amerika Serikat dan sebenarnya terlibat didalam Perang Dingin.

Sukarno memperlihatkan penarikan Indonesia berasal dari PBB pada Januari 1965, perihal ini dilaksanakan gara-gara terasa bahwa PBB tidak bisa ulang melakukan tindakan adil atas perselisihan antara Indonesia dan Malaysia.

Namun, Indonesia kembali  ke Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 19 September 1966 sebagai anggota Konferensi rangkaian ke-60, sesudah Soekarno digulingkan dan kekuasaan jatuh ke tangan Presiden Suharto.

7. Gamelan Masuk Pada Kurikulum Sekolah di Negara Maju

Gamelan merupakan seni budaya yang ada di Indonesia. Budaya ini berkembang di sebagian anggota Nusantara, yaitu Jawa, Sunda, Bali, dan Lombok.

Instrumen ini awalannya terbuat berasal dari logam dan telah berubah wujud sampai sekarang. Percaya atau tidak, gamelan ini berkembang tidak cuma di Indonesia, namun terhitung di sebagian negara maju lainnya seperti Singapura, Amerika Serikat, Jepang, bahkan sampai ke Selandia Baru.

Di Singapura, Gamelan dan Keroncong telah menjadi anggota berasal dari kurikulum  mereka. Saat ini, gamelan  kudu untuk dipelajari hampir setiap di setiap sekolah dasar di Singapura. Bahkan, hampir seluruh wilayah di Singapura terdapat alat musik asal Indonesia ini.

Indonesia menjadi keliru satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi turis domestik maupun mancanegara. Keanekaragaman alam dan pesona pariwisata yang dimiliki Indonesia berasal dari Sabang sampai Merauke menjadi energi tarik wisatawan. Melalui buku ini, kalian bakal diajak untuk menjelajahi Indonesia.

8. Terdapat Patung Jendral Soedirman di Kementerian Pertahanan Jepang

Sebagai warga negara Indonesia maka kalian kudu bangga pada diri sendiri. Hal ini gara-gara patung Jenderal Soedirman, pahlawan kebanggaan Indonesia, kini berdiri di depan Kementerian Pertahanan Tokyo, Jepang.

Patung Jenderal Sudirman setinggi 4 mtr. ini merupakan cuma satu patung pahlawan asing yang dipamerkan di Jepang. Hal ini pasti merupakan suatu kehormatan dan keistimewaan  bagi Indonesia.

Patung ini diresmikan pada 14 Januari 2011, patung ini merupakan hadiah berasal dari Kementerian Pertahanan RI kepada Kementerian Pertahanan Jepang. Setelah diselidiki, patung itu didirikan untuk menjunjung Jenderal Soedirman, seorang tokoh mutlak situs judi bola didalam histori Indonesia dan Jepang.

Dalam sejarahnya, Jenderal Soedirman pernah bergabung dengan Pembela Tanah Air (PETA), sebuah organisasi yang dibentuk oleh Jepang.

9. Indonesia Pernah Memproduksi Seragam Militer NATO

Indonesia adalah negara yang kaya bakal sumber energi alam. Hal ini telah diakui secara internasional. Namun sayangnya, sumber energi manusianya belum dimanfaatkan secara maksimal.

Perusahaan PT. Sritex tekstil Solo yang bergerak pada bidang tekstil bisa menjadi produsen baju militer terkemuka. Tidak cuma seragam militer nasional seperti Tentara Nasional Indonesia (TNI), namun terhitung seragam militer  dunia internasional seperti North Atlantic Treaty Organization (NATO).

Perusahaan ini memprioritaskan tiga segi utama, yaitu perihal kualitas, pengiriman pas waktu, dan harga yang kompetitif yang memungkinkannya untuk terus tumbuh dan selamanya bisa membuahkan product yang baik.

10. Presiden RI Ke-3 Pemegang 46 Hak Paten Aeronautika di Dunia

Mungkin kalian seluruh telah paham siapa presiden ke-3 Republik Indonesia. Presiden ketiga Republik Indonesia adalah Bacharuddin Jusuf Habiebie atau biasa dikenal dengan B. J. Habiebie, tentu saja ia merupakan ilmuwan terpercaya di industri penerbangan.

Ia telah berhasil terdaftar sebagai pemilik 46 hak paten di bidang Aeronautika atau penerbangan .Aeronautika adalah penelitian, desain, dan belajar manufaktur mesin atau teknologi penerbangan untuk mengoperasikan pesawat terbang dan rudal.

Oleh gara-gara itu, B. J Habiebie bisa mendaftar sebagai pemegang hak paten berkat kontribusi teori baru yang ditemukan di bidang Aeronautika.