Olahraga

Kuliner Sedap Khas Nusa Tenggara Timur

Bertamasya ke Nusa Tenggara Timur (NTT), jangan melewatkan mencicipi makanan khas di sana. Apa saja makanan khas NTT yang patut dicoba? Berikut 13 saran kuliner khas Negeri Seribu Bukit, seperti dilansir dari detikFood dan website Polri.

  1. Roti Kompiang

Disebut juga kompiang longa, makanan khas NTT, berasal dari Pulau Komodo. Ciri khas roti kompiang pada bagian atasnya judi slot777 diberi banyak taburan wijen.

Roti kompiang atau kompiang longa yaitu makanan khas NTT populer dari Pulau Komodo. Nama ‘longa’ dalam bahasa Manggarai Flores berarti ‘wijen’.

Rotinya berbentuk bulat atau oval dengan tekstur agak keras. Roti kompiang banyak dipasarkan di warung oleh-oleh di Labuan Bajo.

  1. Bolu pisang

Kuliner satu ini terbuat dari campuran kayu manis, gula merah, dan kenari. Perbedaan dengan bolu lazimnya terletak pada bahan baku lokal dari Manggarai, Flores.

Teksturnya empuk, rasanya manis, dan memiliki aroma sedap. Bolu pisang ini sering dihasilkan pilihan oleh-oleh khas Pulau Komodo.

  1. Manis Jintan

Sekilas mirip biji ketapang, bahan-bahan pembuatan kudapan manis jintan, yaitu tepung terigu, mentega, gula pasir, jintan, dan telor. Punya tekstur renyah, empuk dengan rasa manis ringan.

Masyarakat Labuan Bajo menciptakan kudapan manis jintan camilan untuk bersantai. Manis ini juga banyak dipasarkan di warung oleh-oleh di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

  1. Rebok

Kuliner unik khas NTT, yang yaitu jajanan tradisional orang Manggarai. Bahan utamanya dari adonan tepung beras dan parutan kelapa.

Rebok umum disampaikan ketika ada acara adat atau suguhan tamu. Makanan khas ini banyak dipasarkan di warung oleh-oleh dengan kemasan praktis dan menarik.

  1. Daging Se’i

Se’i awalnya dari daging rusa, tapi ketika ini diganti dengan daging babi atau sapi. Daging yang dipotong memanjang akan dimasak dengan progres pengasapan yang khas.

Daging se’i diiris kemudian disampaikan dengan sambel dan sayur, ditambah dengan nasi putih hangat. Mesti dicoba para traveler yang berlibur ke NTT.

  1. Uwi Ai Ndota
    Kuliner ini berbahan dasar ubi kayu atau uni nuabosi, umbi-umbian yang banyak tumbuh di Ende. Uwi Ai Ndota dimasak dengan metode dikukus, kemudian disampaikan.
  2. Rumpu Rampe

Kuliner berbahan dasar daun atau bunga pepaya, dapat juga menerapkan daun kelor hingga gedebok pisang. Rumpu Rampe dimasak dengan metode ditumis dengan bumbu sederhana.