Kuliner

Makanan Khas Negara Mongolia

Makanan khas Mongolia mencerminkan situs slot jepang kehidupan nomaden dan lingkungan geografis yang keras di Asia Tengah. Daging merupakan bahan pokok dalam masakan Mongolia, terutama daging sapi, domba, dan kuda. Berikut adalah beberapa makanan khas Mongolia:

  1. Buuz: Buuz adalah jenis dumpling Mongolia yang diisi dengan daging sapi atau domba cincang, bawang, dan rempah-rempah. Dumpling ini biasanya dikukus atau direbus.
  2. Khuushuur: Khuushuur adalah semacam kue goreng yang diisi dengan daging cincang, lemak, dan bawang. Makanan ini biasanya digoreng hingga kulitnya menjadi renyah.
  3. Airag: Airag adalah minuman tradisional Mongolia yang terbuat dari susu kuda yang difermentasi. Minuman ini memiliki rasa asam dan kadar alkohol rendah.
  4. Khorkhog: Khorkhog adalah hidangan daging panggang tradisional Mongolia. Daging domba atau kuda dipotong kecil-kecil dan dimasak bersama dengan batu panas dalam wajan khusus hingga empuk.
  5. Boodog: Boodog adalah versi lain dari hidangan panggang, di mana daging domba atau kuda disiapkan dengan cara dimasak di dalam kulit binatang, biasanya kambing atau domba. Proses ini melibatkan penggunaan batu panas untuk memasak daging.
  6. Tsagaan Idee: Tsagaan Idee adalah sup yang terbuat dari daging domba atau kuda, biasanya ditambahkan dengan sayuran dan mie.
  7. Aaruul: Aaruul adalah camilan khas Mongolia yang terbuat dari susu yang difermentasi dan dikeringkan. Aaruul memiliki rasa manis dan asam.
  8. Bantan: Bantan adalah sup gurih yang terbuat dari daging domba atau kuda yang dimasak bersama dengan tepung terigu dan sayuran.
  9. Byaslag: Byaslag adalah jenis keju yang dibuat dari susu domba atau kuda. Keju ini biasanya dikeringkan dan dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama.
  10. Suutei Tsai: Suutei Tsai adalah teh susu garam, minuman khas Mongolia yang terbuat dari teh hitam dan susu, sering kali diberi garam.

Makanan khas Mongolia sering kali mencerminkan gaya hidup nomaden dan kebutuhan untuk menghasilkan makanan yang dapat bertahan lama dan dapat disimpan dalam kondisi iklim yang keras.