Olahraga

Mencicipi Makanan Khas Bangka Belitung Terpopuler

Sebelum ke Bangka Belitung atau Babel, kamu patut tahu dulu rekomendasi makanan yang patut kamu coba. Yuk, cek apa aja!

Makanan Khas Bangka Belitung – Selain mengunjungi destinasi wisata, saat wisata ke suatu daerah rasanya kurang komplit sekiranya tidak mencicipi makanan khas mereka. Sebab, keduanya adalah paket komplit yang membikin wisata menjadi jauh lebih mengasyikan. Apalagi daerah di Indonesia memiliki jenis kuliner yang khas dan lezat.

Salah satu daerah di tanah air yang memiliki destinasi wisata mempesona dan kuliner yang otentik adalah Bangka Belitung. Sebuah provinsi di Pulau Sumatera yang namanya sempat populer melalui film dengan poin edukasi yang luar umum, Laskar Pelangi.

Berstatus sebagai daerah kepulauan, Bangka slot mahjong Belitung memiliki pemandangan pantai yang luar umum cantik. Kau akan dijadikan takjub dengan pantai-pantai yang ada di daerah hal yang demikian.

Itu pun dengan wisata kulinernya. Bangka Belitung memiliki banyak kuliner khas yang bisa kamu explore. Beberapa diantara kuliner hal yang demikian pun sudah benar-benar gampang kita temui di kota-kota besar Indonesia.

Tapi, untuk merasakan keotentikan kuliner hal yang demikian, akan lebih mengasyikan sekiranya kamu mencoba lantas di daerah asalnya. Nah, berikut ini beberapa makanan khas Bangka Belitung yang patut kamu coba:

Makanan Khas Bangka Belitung

  1. Lempah Kuning

Mengingat Bangka Belitung adalah daerah kepulauan, tentunya mereka memiliki sajian khas dari hasil laut. Salah satunya adalah lempah kuning.

Masakan ini benar-benar populer di Bangka Belitung, pun sudah menjadi incaran para wisatawan saat datang ke sini. Saking populer dan sedap, saat ini lempah kuning masuk ke dalam Cagar Kultur Nasional Tak Benda.

Satu hal yang unik dari panganan ini adalah penamaannya yang berbeda antara Bangka dan Belitung. Nama lempah kuning kerap dipakai oleh masyarakat Bangka, sementara di Belitung makanan ini bernama gangan.

Meski beda penamaan, namun keduanya memiliki bahan dasar yang sama, adalah ikan, kunyit, lengkuas, terasi, cabai, dan lain-lain. Macam ikan yang dipakai adalah kakap merah atau ikan tenggiri. Kadang-kadang ada juga masyarakat setempat yang mengganti ikan dengan daging sapi.

  1. Bakmi Bangka

Selain di daerah asalnya, kuliner yang satu ini sudah cukup dikenal di beberapa daerah di nusantara, terutamanya di kota-kota besar. Di Bangka, kuliner ini dikenal dengan sebutan mien dan termasuk jenis makanan khek. Mie Bangka atau Bakmi Bangka biasanya dipersembahkan dengan potongan ayam kecap atau daging babi, bakso ikan, seafood, tahu kok, pangsit, tauge, dan sayur caisim. Untuk menambah kelezatan, biasanya ditambahkan saus cabai pedas khas Pulau Bangka.

  1. Lakse

Berlokasi berdampingan dengan Pulau Sumatera, membikin Bangka Belitung cukup kental dengan kultur Melayu. Tapi ini tergambar dari kuliner khas yang mereka punya, salah satunya lakse.

Uniknya, meski panganan ini tergoda dari kultur melayu, ternyata ide pembuatannya datang dari spaghetti. Tapi sisi tampilan, kerap dianggap mirip dengan kudapan manis putung mayang yang adalah kuliner khas masyarakat Betawi.

Lakse terbuat dari campuran tepung sagu dan tepung beras. Jikalau makanan ini dipersembahkan dengan kuah ikan dicampur santan kuning yang membuatnya terasa lebih gurih.

  1. Berego
    Banyak yang mengira bahwa berego mirip dengan lontong, meski kenyataannya panganan khas Bangka Belitung ini berbahan dasar berbeda dengan lontong. Meski lontong terbuat dari beras, karenanya berego adalah campuran tepung sagu dan tepung beras.

Jikalau bahan dasarnya beda, namun dari sisi tampilan kedua makanan ini memiliki bentuk yang sama. Berego juga kerap dibilang sama dengan lakse, namun pada kenyataannya kedua makanan ini berbeda.

Berego biasanya dipersembahkan dengan hidangan berkuah, seperti kari ikan. Meski berharap merasakan sensasi lain, makanan ini bisa dicampur dengan mie belitung atau lempah kuning.