Mengenal Berbagai Kuliner Dari Penjuru Dunia Berbahan Dasar Angsa
Kuliner

Mengenal Berbagai Kuliner Dari Penjuru Dunia Berbahan Dasar Angsa

Daging angsa adalah bahan makanan yang dianggap lezat dan mewah di banyak budaya. Berikut beberapa olahan kuliner berbahan dasar daging angsa dari berbagai penjuru dunia:

1. Roast Goose (Eropa)

  • Jerman: “Weihnachtsgans” atau angsa panggang adalah hidangan tradisional yang biasanya disajikan saat Natal. Angsa ini biasanya diisi dengan apel, bawang, dan rempah-rempah, lalu dipanggang hingga kulitnya renyah.
  • Inggris: Angsa panggang juga populer di Inggris sebagai hidangan perayaan, sering disajikan dengan saus cranberry dan kastanye.
  • Cina: “Roast Goose” ala Kanton adalah sugar rush slot hidangan terkenal di Hong Kong. Angsa dipanggang dengan kulit yang sangat renyah dan daging yang juicy, sering disajikan dengan saus plum.

2. Foie Gras (Prancis)

Foie gras adalah hati angsa yang telah digemukkan, biasanya melalui metode gavage (force-feeding). Ini adalah hidangan mewah yang sering disajikan sebagai pate atau terrine, dan dikenal karena teksturnya yang lembut dan rasa yang kaya.

3. Confit d’Oie (Prancis)

Confit d’oie adalah hidangan Prancis di mana daging angsa dimasak perlahan dalam lemaknya sendiri hingga sangat lembut dan penuh rasa. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kentang atau sayuran panggang.

4. Gansl (Austria)

Di Austria, “Martinigans” atau angsa St. Martin adalah hidangan tradisional yang disajikan pada tanggal 11 November untuk merayakan Hari St. Martin. Angsa ini biasanya dipanggang dan disajikan dengan kubis merah dan pangsit kentang.

5. Oca in Porchetta (Italia)

Ini adalah hidangan Italia dari wilayah Marche, di mana angsa dimasak dengan rempah-rempah seperti rosemary, bawang putih, dan adas. Angsa ini biasanya dipanggang hingga kulitnya renyah.

6. Smoked Goose (Jerman/Belanda)

Di beberapa bagian Eropa seperti Jerman dan Belanda, angsa diasapi untuk memberikan rasa yang dalam dan kompleks. Daging ini sering digunakan dalam salad atau sebagai bagian dari hidangan pembuka.

7. Angsa dengan Oranye (Prancis)

“Canard à l’orange” adalah hidangan klasik Prancis yang kadang-kadang juga dibuat dengan angsa. Angsa ini dimasak dengan saus oranye yang manis dan asam, memberikan keseimbangan rasa yang sempurna.

8. Angsa dengan Sauerkraut (Jerman)

Di Jerman, angsa sering dimasak dengan sauerkraut untuk menambah rasa asam yang segar. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kentang atau pangsit.

9. Barbarie Duck (Prancis)

Meskipun istilah ini biasanya merujuk pada bebek, daging angsa Barbarie juga digunakan dalam beberapa resep Prancis. Daging ini dikenal karena teksturnya yang lebih lembut dan rasa yang lebih kuat dibandingkan angsa biasa.

10. Stekt Gås (Swedia)

Di Swedia, “Stekt Gås” adalah angsa panggang yang biasanya disajikan pada Hari St. Martin pada 10 November. Hidangan ini disajikan dengan kubis merah, apel, dan saus gravy.

11. Angsa Peking (Cina)

Meskipun lebih umum dibuat dengan bebek, beberapa variasi hidangan “Peking Duck” juga dibuat dengan angsa. Kulit angsa yang renyah dan daging yang juicy menjadi ciri khas hidangan ini, disajikan dengan pancake tipis, bawang daun, dan saus hoisin.

12. Goose Leg with Apples (Hungaria)

Di Hungaria, angsa kaki sering dimasak dengan apel dan rempah-rempah untuk menciptakan rasa manis dan gurih yang seimbang. Hidangan ini biasanya dipanggang hingga kulitnya renyah.

13. Szegedin Goose Goulash (Hungaria)

Versi Hungaria dari goulash sering kali menggunakan daging angsa sebagai variasi. Angsa dimasak dengan paprika, bawang, dan tomat, dan sering disajikan dengan roti atau pangsit.

Kuliner berbahan dasar angsa menawarkan variasi rasa dan tekstur yang kaya, sering kali dihubungkan dengan perayaan dan momen istimewa di berbagai budaya.