Olahraga

Resmikan Liburan Masakan Kampung Purun, Walikota Banjarbaru Mau Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin mensahkan dan membuka lantas Liburan Masakan Kampung Purun, yang bertempat tinggal di RT 05 RW 02 Kelurahan Palam, Kota Banjarbaru pada Senin (26/12/2022).

Peresmian sekaligus pembukaan Liburan Masakan Kampung Purun ini ditandai dengan pemotongan pita, yang dikerjakan lantas oleh Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin.

Walikota Banjarbaru, Aditya mengatakan Liburan Masakan Kampung Purun ini adalah salah satu dari 60 RT yang melakukan program RT Mandiri di tahun 2022.

“Ini adalah salah satu dari 60 RT yang melakukan program RT Mandiri di tahun 2022 ini,” ujarnya.
Aditya mengatakan, tujuan adanya Liburan Masakan Kampung Purun ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memanfaat sumber daya manusia setempat.

Lebih jauh Walikota menerangkan, ada spaceman slot sebagian konsep yang dicetus di Liburan Masakan Kampung Purun ini, adalah tempat galeri UMKM berupa showroom bagi pengrajin purun, dan tentunya wisata kuliner makanan khas Kalimantan Selatan.

“Jadi kalau orang datang kesini one stop servis, untuk kulinernya iya, untuk hiburannya juga ada sarana prasarana seperti kolam mancing, dan lain-lain termasuk kerajinan purunnya juga ada,” ungkapnya.

Walikota berhadap, kedepannya Liburan Masakan Kampun Purun ini dapat lebih meriah dan ramai, serta adanya kesadaran aktif dari masyarakat sekitar untuk menjaga tempat tersebut.

“Kedepannya supaya lebih meriah lagi dan lebih ramai lagi, dan kami juga meminta tadi kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan serta merawat wisata kuliner kampung purun ini supaya terus berlanjut,” harap Walikota.

Sementara itu, Lurah Palam Ciptadi Sunaryo mengatakan, Liburan Masakan Kampung Palam ini mempunyai perbedaan dengan tempat lain, karena tak cuma menjual makanan, melainkan juga kudapan manis tradisional khas Banjar.

Jikalau kulinernya yang kami tonjolkan itu kuliner khas Banjar, dan kudapan manis-kudapan manis tradisional khas Banjar, jadi pembedanya dengan tempat lain itu karena disini ada kudapan manis-kudapan manis tradisionalnya,” ungkap Lurah Palam.

Lurah Palam menyatakan, kudapan manis-kudapan manis tradisional yang menjadi pembeda Liburan Masakan Kampung Purun ini, adalah buatan autentik warga sekitar.

Dia berkeinginan, kedepannya dengan adanya Liburan Masakan Kampung Purun ini, ibu-ibu atau warga sekitar yang mempunyai talenta membuat makanan atau kudapan manis tradisional khas Banjar, dapat menyalurkan kesanggupannya tersebut.

“Harapannya, mudahan ibu-ibu atau warga sekitar yang punya talenta membuat makanan atau kudapan manis-kudapan manis tradisional dapat tersalurkan dengan adanya tempat wisata kuliner ini,” harapnya.